Mar 102018

Perbedaan Kemeja Pria dan Wanita

Kemeja merupakan model baju yang sudah akrab untuk digunakan sehari – hari. Kemeja bisa berbahan casual, catoon, sutera, ataupun kemeja batik berpasangan. Pemakaian kemeja lebih sering pada acara – acara formal, kegiatan kuliah, melamar pekerjaan dan lain sebagainya. Kemeja dapat dipakai oleh pria maupun wanita. Tentunya model kemeja yang dipakai oleh keduanya memiliki perbedaan – perbedaan. Mengenal perbedaan ini sangat perlu lho, jangan sampai keliru ya dalam memakai kemeja, pria memakai kemeja wanita maupun sebaliknya.

Hal yang Menjadi Perbedaan Kemeja Pria dan Wanita

Nah, apa sajakah hal yang membedakan antara kemeja pria dan wanita ? Ulasan berikut ini akan membantumu mengenali perbedaan keduanya.

  1. Posisi Letak Kancing Kemeja

Tahukah bahwa ternyata letak posisi kancing pada kemeja pria dan wanita memiliki perbedaan ? Bagi kamu yang teliti mungkin sudah tidak kaget lagi mengetahui fakta unik ini. pada kemeja pria letak kancing berada pada sebelah kanan, sedangkan pada kemeja wanita kancing terletak pada sebelah kiri. Untuk kamu yang ingin membuktikan fakta ini, silahkan cek baju kemeja yang kalian punya.

  1. Pola Baju Kemeja

Selain kancing, perbedaan yang selanjutnya terletak pada proses pembuatan kemeja itu sendiri. Sebelum menjahit baju, hal utama yang dilakukan oleh para penjahit adalah membuat pola baju. Nah, ternyata pola baju kemeja yang dipakai pria dan wanita itu berbeda lho. Pola kemeja pria cenderung lebih simple atau sederhana dalam pembuatannya. Pola baju pria cenderung lurus – lurus saja. Hal tersebut bertujuan agar menambah efek wibawa.

Berbeda dengan pola baju kemeja pria, pola baju wanita lebih rumit untuk dibuat.  Pola baju kemeja wanita dibuat dengan menyesuaikan kontur tubuh. Pola baju merupakan hal yang sangat penting saat membuat baju. Karena hasil baju yang dibuat akan sangat bergantung pada bentuk pola yang dirancang.

  1. Warna Kemeja

Warna kemeja juga bisa menandakan perbedaan kemeja antara pria dan wanita. Kemeja pria memiliki jenis warna yang polos, dan sederhana. Sedangkan untuk kemeja wanita dapat dikreasikan berbagai macam corak. Mulai dari polos, polkadot, strip, dan bunga – bunga. Model kemeja wanita juga beragam ada yang berukuran panjang seperti tunik, dan ada yang pendek selayaknya kemeja pria.

Alasan Perbedaan Letak Kancing pada Kemeja Pria dan Wanita

Ada beberapa teori yang melatar belakangi perbedaan letak kancing pada kemeja pria dan wanita. Simak teori berikut untuk mengetahui alasan terjadinya hal tersebut.

Teori Pertama

Teori yang pertama datang dari sejarah yang berasal dari Kerajaan Inggris. Pada saat itu, bangsawan pria dan wanita memerlukan pakaian yang berlapis – lapis. Tentunya mereka membutuhkan tenaga pelayan untuk membantu mereka saat memakai pakaian. Kancing wanita diletakkan di sebelah kiri bertujuan untuk memudahkan para pelayan saat membantu para bangsawan mengenakan pakaian.

Teori Kedua

Teori yang kedua muncul dari sudut pandang filosofis. Kancing diletakkan pada bagian kiri agar ketika wanita mengenakan pakaian menggunakan tangan kirinya. Secara filosofis, tangan kiri diartikan memiliki kekuatan yang lebih lemah daripada tangan kanan. Hal ini menggambarkan wanita sebagai makhluk yang lemah dan butuh perlindungan.

Teori Ketiga

Dari segi industri yang beroperasi dalam bidang produksi pakaian perbedaan ini akan memudahkan para pegawai konveksi ketika membuatnya. Bagian produksi pakaian atau kemeja wanita menjahit pakaian dengan kancing yang diletakkan di sebelah kiri, sedangkan pria di sebelah kanan. Hal ini akan meminimalisasi adanya kekeliruan ketika menjahit pakaian.

Ternyata banyak hal unik yang membedakan kemeja pria dan wanita. Walaupun terlihat sama tapi ternyata pembuatan kedua memiliki sejumlah rangkaian proses yang berbeda. Secara kasap mata mungkin kita tidak akan mudah mengenalinya, tetapi bagi mereka yang teliti dan memiliki pemahaman yang baik tentang fashion hal ini sudah jelas berbeda. Pemilihan warna, model maupun bahan dasar kain yang akan dibuat kemeja perlu diketahui pula. Agar memudahkan ketika memilih kemeja yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Tentunya perhatikan pula kenyamanan ketika memilih kemeja yang digunakan. Sehingga, dalam acara dengan durasi panjang pun akan tetap nyaman digunakan.