Jan 062018

Aneka Macam Kaos yang Sering digunakan

Kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang paling sering digunakan. Alasannya karena kaos memiliki bentuk dan jenis bahan yang nyaman untuk dipakai dalam berbagai acara. Kaos juga nyaman dipakai saat bersantai saat siang atau pun sore hari. Kaos juga bisa digunakan untuk berjalan – jalan mulai dari mall hingga ke pasar tradisional.

Jenis Kaos berdasarkan Model

Walaupun baju kaos terbilang mirip antara satu dengan lainnya, ternyata kaos memiliki jenis modelnya masing-masing. Aneka model kaos yang terkenal dan sering digunakan seperti kaos oblong, kaos raglan, dan kaos kerah atau polo shirt. Bagaimanakah deskripsi tentang ketiga jenis model kaos tersebut. Yuk simak penjelasan berikut ini.

  • Kaos Oblong

Kaos oblong adalah jenis kaos yang paling sering digunakan. Baik pria maupun wanita, semuanya pasti pernah menggunakan kaos ini. Kaos oblong adalah model kaos yang hanya memiliki lubang leher bukan krah formal. Model lubang leher dari kaos oblong juga beragam ada yang O neck, V neck , U neck , Y neck, maupun turtleneck. Kaos oblong nyaman digunakan untuk santai , jalan – jalan dan juga untuk menghadiri acara – acara informal.

  • Kaos Raglan

Jika dilihat sekilas kaos raglan memiliki model atau bentuk yang sama dengan kaos oblong. Perbedaannya terletak pada desain warna yang digunakan. Jika kaos oblong hanya terdiri dari satu warna, kaos raglan memiliki perbedaan warna antara bagian badan dan lengan. Pada kaos raglan bisa saja bagian badan berwarna putih dan lengannya hitam atau pun sebaliknya.

  • Kaos Kerah atau Polo Shirt

Berbeda dengan dua model kaos sebelumnya, model kaos kerah memiliki bentuk kerah formal dalam desainnya. Kaos ini cocok untuk digunakan dalam acara yang semi formal.

Jenis Kaos berdasarkan Material

Dalam pembuatannya kaos memiliki perbedaan materialnya. Jenis bahan material kaos yang digunakan oleh kebanyakan konveksi seperti bahan katun, cardet, polyester, serta teteron cotton.

  • Katun

Bahan katun merupakan jenis bahan yang digunakan untuk membuat kaos yang menyerap keringat, halus, dan dingin. Bahan kaos ini menjadi pilihan para pengusaha distro dan konveksi.

  • Cardet

Kain cardet memiliki harga yang lebih murah daripada kain katun. Kain ini lebih kasar jika dibandingkan dengan kain katun, bahkan kaos ini sering disebut sebagai KW dari kain katun.

  • Polyester

Bahan kaos polyester merupakan jenis bahan kaos yang memiliki efek hangat atau panas. Jenis kaos ini cocok untuk digunakan pada kondisi cuaca yang dingin.

  • Teteran Cotton (TC)

Kain ini merupakan campuran dari bahan katun dan polyester. Jenis kaos ini tidak memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap keringat. Namun, kain ini memiliki kelebihan yaitu tidak mudah mulur dan kusam walaupun sudah lama.

Jenis Kaos berdasarkan cara pakai

Ketepatan memilih model dan jenis bahan baku kaos yang digunakan itu perlu diperhatikan. Model kaos yang santai seperti kaos oblong atau raglan cocok digunakan untuk acara – acara yang sifatnya informal. kaos model ini bisa digunakan untuk jalan – jalan, nongkrong, belanja, dan sebagainya. Sedangkan, untuk kaos yang cocok digunakan untuk acara formal dapat menggunakan kaos kerah atau polo shirt,ataupun anda bisa memilih kaos kombinasi batik yang lagi trend saat ini.

Pemilihan bahan kaos berkaitan dengan kondisi cuaca. Jika dalam kondisi yang panas dan mengeluarkan keringat, pilihlah bahan kaos yang mudah menyerap keringat. Sedangkan pada saat kondisi dingin pilihlah kaos yang menghangatkan.